Jumat, 25 Mei 2012

Ini Dia Usia Organ Tubuh Anda



detail berita
Foto Ilustrasi: Corbis Images
TAHUKAH Anda jika sel-sel dan organ tubuh kita terus beregenerasi? Lilin ulang tahun mungkin menunjukkan berapa usia Anda sejak dilahirkan. Kenyataannya, tubuh Anda mulai dari tulang hingga bulu mata memiliki usia yang berbeda dari umur Anda.

Semakin menjaga kesehatan, semakin baik pula sel-sel baru untuk organ tubuh Anda. Berikut ini usia organ tubuh Anda, seperti dilansir Reader’s Digest.

Dinding lambung: 5 hari


Dikenal sebagai mukosa, lapisan perut ini memainkan peran kunci dalam membantu mencerna makanan. Sel-sel di lapisan perut menghasilkan asam dan enzim yang bertanggung jawab agar perut memiliki pH rendah yang meningkatkan penguraian kimiawi terhadap makanan. Sel-sel itu juga mengeluarkan lendir pelindung yang melindungi lapisan perut dari keausan dan asam.

Pengecap: 10 hari

Kecil, tapi pekerja keras. Lidah Anda terdiri terdiri dari 10.000 rambut mikroskopis yang disebut mikrovili yang menyampaikan fakta bahwa gula itu manis, garam itu asin, dan lain-lain. Indera pengecap Anda sering beregenerasi, tetapi proses ini semakin melambat seiring dengan bertambahnya usia. Manula mungkin hanya memiliki 5.000 rambut mikroskopis. Menurut KidsHealth.org, itulah sebabnya makanan tertentu tidak terasa begitu enak untuk para manula.

Kulit: 2 pekan

Lapisan terluar dari kulit Anda disebut stratum korneum yang berfungsi sebagai pelindung antara sisa lapisan kulit Anda yang lebih sensitif dan lingkungan sekitar. Di lapisan inilah garis-garis halus dan noda tumbuh, menurut Discovery Health.

Bulu mata: 2 bulan

Bulu mata melindungi mata dari bahaya dengan menghalangi partikel seperti debu dan kotoran, serta mencegah mata kering. Bulu mata atas terdiri dari 150-200 helai rambut, sedangkan bulu mata bawah terdiri dari 75-100 helai rambut.

Sel darah merah: 4 bulan

Menurut Franklin Institute, setetes darah mengandung jutaan sel-sel pembangkit tenaga sel yang menyalurkan oksigen dan menghilangkan limbah agar kita tetap hidup. Itulah sebabnya mengonsumsi cukup mineral, terutama besi sangat penting untuk memeroleh kesehatan yang optimal. Besi paling umum terdapat pada daging merah, ikan, unggas, telur, dan kacang.

Sel hati: sekitar satu tahun (300-500 hari)

Hati terkenal sebagai organ pembersih. Menurut WebMD, hati bertanggung jawab menyaring darah dari saluran pencernaan sebelum beredar ke seluruh tubuh, memetabolisme obat dan mendetoksifikasi bahan kimia. Itu pekerjaan besar sebuah organ yang hanya berbobot sekitar tiga pon (sekitar 1,5 kg) dan terletak di sisi kanan perut Anda. Jadi tidak heran hati memerlukan regenerasi sel hampir setiap tahun atau lebih.

Tulang: 10 tahun

Tulang Anda mungkin terasa kuat dan kokoh, tetapi sel-sel yang membentuknya terus mati dan diganti sehingga menghasilkan kerangka yang sama sekali baru setiap dekadenya, menurut WebMD. Ketika Anda berusia di awal 20 tahunan, itulah kepadatan terkuat tulang. Namun, tulang secara bertahap akan melemah. Osteoporosis merupakan suatu kondisi serius karena massa tulang yang rendah terjadi ketika sel tulang lebih banyak mati ketimbang regenerasi.

Sel-sel otot tulang rusuk: sekitar 15 tahun (15,1 tahun)

Tulang rusuk terdiri dari 12 pasang tulang yang melindungi organ vital, seperti jantung dan paru-paru. Tulang rusuk didukung oleh ligamen dan otot. Otot-otot antara tulang rusuk disebut otot interkostal yang memungkinkan tulang rusuk mengembang dan mengempis ketika Anda bernapas.

Otak kecil: 3 tahun lebih muda dari Anda

Otak kecil mengontrol keterampilan motorik dan keseimbangan. Meskipun hanya menyumbang 10% dari volume total otak, otak kecil mengandung lebih dari 50 persen jumlah total neuron (atau sel otak), menurut University of Texas Health Science Center di Houston. Otak kecil merupakan salah satu daerah pertama yang berkembang ketika kita bayi, tapi menua perlahan-lahan. Otak kecil berfungsi menjaga keseimbangan dan postur tubuh, koordinasi gerakan, belajar keterampilan motorik baru, serta fungsi kognitif lainnya seperti bahasa. (ina)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Buat yang Klik Suka di Bawah Ini !!!