Selasa, 26 Juni 2012

Menjelajahi Luar Angkasa dengan Teleskop Hubble

Kini istilah “World Traveller” sudah tidak asing lagi. Banyak orang yang berambisi untuk bisa pergi keliling dunia. Sejak zaman dahulu, manusia sudah memiliki impian untuk menjelajah dunia dan mengarungi samudera raya. Mulai dari zaman batu, hingga zaman Kekaisaran Romawi yang ingin memperluas wilayah hingga zaman kolonial. Orang – orang sudah mulai pergi menjelajah berkeliling dunia. Dan kini, impian itu pun lebih mudah dicapai daripada beberapa dekade lalu. Bahkan kini, dengan uang saku yang pas – pas an ala “backpackeran” seseorang dapat pergi mengelilingi dunia. Namun, bila impian tersebut sudah tercapai, lalu apa selanjutnya? Nah, saya menemukan ide menarik nih. Bila dunia ini sudah puas kita kelilingi, bagaimana dengan menjelajahi alam semesta? Tentunya hal tersebut masih merupakan hal yang tidak mungkin sekarang. Tapi di masa yang akan datang, bukan tidak mungkin manusia dapat menjelajahi alam semesta yang super duper luas ini. Tapi, untuk sekarang, mungkin kita hanya bisa menjelajahi alam semesta dengan menikmati pemandangan hasil foto dari Teleksop Hubble.
Sadarkah Anda bahwa alam semesta kita ini sebenarnya sangat luas dan bumi hanya merupakan bagian kecil seperti sebuah partikel di dalam alam semesta? Menyadari hal ini, saya jadi teringat akan sebuah film yang menceritakan tentang seekor gajah yang membawa sebuah debu di atas belalainya dan melindungi debu tersebut. Mungkin bagi teman – temannya si gajah, debu tersebut tidak berarti. Namun ternyata di dalam debu tersebut terdapat sebuah kehidupan seperti di bumi kita ini. Dapat kita bayangkan bila ternyata bumi kita ini hanya merupakan sebuah partikel seperti debu di dalam alam semesta ini? Tentunya akan membuat kita sangat penasaran dengan alam semesta di luar sana bukan. Nah, berikut adalah gambar hasil foto dari teleskop Hubble yang mencerminkan gambaran alam semesta dimana bumi kita tercinta ini berada
funsterz.com
Gambar di atas adalah foto dari Galaksi Spiral
funsterz.com
Kosmik – kosmik mutiara yang sedang berada di antara ledakan bintang – bintang
funsterz.com
funsterz.com
Gambar di atas adalah gambaran dari galaksi spiral lainnya yang ada di alam semesta ini.
funsterz.com
Mosaik yang besar dari Crab Nebula (Nebula adalah kumpulan debu yang partikelnya saling bersatu)
funsterz.com
Kumpulan bintang - bintang yang berada di inti dari Omega Centauri.
funsterz.com
Kumpulan debu dan gas yang mengelilingi sebuah cahaya merah yang sangat besar.
funsterz.com
Crab Nebula
funsterz.com
Kumpulan bintang - bintang.
funsterz.com
Kumpulan – kumpulan dari galaksi yang berlokasi sejauh 15.000 tahun cahaya dari bumi. Galaksi yang kita tempati sekarang ini adalah Galaksi Milky Way. Di dalam Galaksi Milky Way ini sendiri, terletak sistem tata surya kita. Ada matahari dan berbagai macam planet yang mengitarinya, termasuk bumi. Dan juga bintang – bintang yang tak terhitung banyaknya, debu, gas, partikel – partikel asing lainnya. Dan itu hanya di dalam satu galaksi saja. Di luar sana, masih banyak terdapat galaksi – galaksi lainnya.(Funsterz/rei)
funsterz.com
Galaksi Black Eye (Mata Hitam)
funsterz.com
Badai yang sedang terjadi di Omega Nebula.
funsterz.com
Pilar penyangga alam semesta.
funsterz.com
Jejak dari ledakan supernova.
funsterz.com
Bayangan dari 3 orbit bulan Planet Jupiter.
funsterz.com
Carina Nebula
funsterz.com
Galaksi Sombrero.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Buat yang Klik Suka di Bawah Ini !!!