Senin, 30 April 2012

‘Mabuk’ Suju



Super Junior (Suju), benar-benar menggetarkan Indonesia.  Tiket konser mereka di Jakarta, 28-29 April ini, sudah ludes dan sejak sebulan lalu diburu para remaja Indonesia. Lebih tepatnya, diburu para ELF(Ever Lasting Friend)  sebutan untuk fans Suju.
Tak cukup kata untuk menelaah sukses Suju ini. Bahkan para orangtua, setengah dipaksa untuk memahami apa itu Suju. Apalagi bagi para orangtua, yang anak remajanya, meminta uang untuk membeli tiket konser Suju, maka mereka harus tahu soal boyband asal Korea Selatan ini.

Dengan harga tiket konser mulai Rp500 ribu hingga Rp2 juta , maka bersiaplah orangtua untuk geleng-geleng kepala dengan Suju.
Apa yang menarik dari Suju?
Pertanyaan ini sangat sulit dijawab, karena jawaban rasional tak akan mungkin memuaskan. Sedangkan jawaban irasional, malah lebih ngawur lagi nantinya.
Tapi bolehlah, sedikit disinggung bagaimana Suju mampu menyihir para remaja di dunia, termasuk di Indonesia. Salah satunya adalah lirik lagu dan penampilan mereka. Para remaja, sudah hapal lagu-lagu mereka, bahkan sejak album pertama dirilis ke pasaran musik dunia. Seperti halnya lagu ‘Superman’ yang termuat di album terbaru Suju, Mr Simple.>>>
Wah, kok judulnya ‘Superman’?  Justru ini hebatnya, karena  Suju berhasil meramu kekaguman buat para fansnya di seluruh dunia. Caranya, ya itu tadi, melalui  tokoh heroik super kuat yang berasal dari Planet Kripton tersebut. Di lagu tersebut, Suju menjelma jadi Superman yang gagah perkasa.
Tapi di luar makna Superman yang sesungguhnya, lagu ini  adalah sinyal dari Suju yang ingin mengabarkan bahwa ketiadaan tiga personel yang hengkang dari Suju, tidak membuat boyband ini limbung.  Dengan cerdas pula,  lewat lagu ini, Suju menyatakan terima kasihnya buat para ELF, fans sejati mereka.
Coba saja tengok lirik lagu Superman yang dibawakan Suju ini. Sebelumnya, terima kasih buat Mr Google, karena menyediakan data terjemahan buat lagu yang tengah booming tersebut.

Super Junior-neun wonrae maen jaman ppajin ireum hamyeo himsen tori SuperMan
(Super Junior adalah bagian  dari nama 'superman')
 [BAM BAM BAM BAM BAM]
[EUNHYUK] Naega sesang-eso hana bakke eopneun group-eso meotjike chumeul chugo
Unique-han eubchoribeul halttae
(Ketika aku dengan kerennya menari di kelompok itu
salah satu dari yang terbaik di dunia dan pergerakan yang unik di dunia)
[DONGHAE] Sesang modeun yojeong-deuri naeke banhae banhae naeke-ro dallyeo-wa dallyeo-wa dallyeo-wa I sunganeul hamkke jeulkyeo bolkka
(Semua ELFs di dunia terjatuh, terjatuh untukku.. berlari, berlari, berlari menghampiriku
Mari kita bersukacita pada saat ini bersama-sama )
[SUPER JUNIOR] Urin kyumo-do chego, skill-do chego, mwodeunji chego
Super Junior-neun wonrae maen jaman ppajin ireum hamyeo himsen tori SuperMan
Yeolkyeong-do chego, cheongshin-ryeokdo chego, nuga uril kamhi kkeureo-nael tenga
Super Junior-neun wonrae maen jaman ppajin ireum hamyeo himsen tori SuperMan
Acuan kami adalah melakukan  yang terbaik dan kami adalah yang terbaik , Semuanya harus yang terbaik
Super Junior adalah bagian  dari nama 'superman'
Gairah kami adalah yang terbaik dan konsentrasi kami adalah yang terbaik
Siapa yang bisa mengatakan kami sudah selesai (berpisah/bubar)
Super Junior adalah bagian  dari nama 'superman'

Sekilas Suju
SuJu adalah  boyband dengan anggota terbanyak di dunia,  yakni 13 personel. Mereka  adalah  Leeteuk, Heechul, Hangeng, Yesung, Kang-In, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kibum, dan Kyuhyun.
Suju beberapa kali mengalami bongkar pasang personel. Di tahun  2010, misalnya,  Hangeng keluar dari Suju. Di tahun 2011,  giliran Heechul  pergi dengan alasan melaksanakan wajib militer, begitupula Kibum yang memilih berkarir di jalur seni peran.
Sekadar gambaran, personel Suju ditemukan melalui pencarian bakat dari tahun 1990 hingga 2005. Mereka dinaungi label rekaman dan agen pencari bakat terkenal, SM Entertainment.
Debut Suju di pentas musik, diawali dengan album SuperJunior05 (TWINS) dirilis tahun 2005 silam.
Single  pertama yang bertajuk TWINS (knock out) di tahun 2005, langsung menarik perhatian publik. Dalam waktu sebulan,  album pertama mereka terjual  28.536 kopi . Masa penuh kejutan ini, mereka sambung lagi dengan  merilis Show Me Your Love. >>>
Tak dinyana, penjualan Show Me Your Love jauh melampaui TWINS (Knock Out) . Suju dalam tempo sebulan, mampu menjual 49.945 kopi.
Album Kedua SuJu Don't Don ( 2007), makin mengukuhkan dominasi mereka di jajaran boyband dunia. Di tahun ini pula Suju, banjir penghargaan di antaranya : Netizen Choice Award’, ‘Mobile Popularitas’, ‘Best Artist of The Year’  serta ‘Popularity Anycall TPL Award’.
Di tahun 2008, pihak label mulai mengembangkan boyband penerus Suju, tujuannya untuk penetrasi pasar di luar Korea. Setahun kemudian, Suju merilis album ketiga Sorry Sorry, lagi-lagi Suju meraih sukses.
Album Bonamana ( 2010) dan Mr Simple ( 2011), makin menggenapi sukses Suju, bukan hanya di Korea Selatan saja, tapi juga di seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Dengan pencapaian ini, maka wajarlah Suju menyebut diri mereka Superman, seperti termuat dalam album terbaru mereka itu.

Operasi Plastik & Bunuh Diri
Suju benar-benar mengejutkan, karena dengan formula biasa-biasa saja, tapi mampu memabukan dunia, juga Indonesia. Bahkan  kejayaan boyband bule legendaris, seperti Take That , Back Street Boy, juga New Kid On The Block, tak mampu mengalahkan mereka. Tapi beda dengan boyband bule, yang kehadirannya tak dipersoalkan, kehadiran Suju belakangan menimbulkan beragam pendapat miring. Salah satunya, karena mereka berasal dari Korea. Kenapa Korea? Negeri Ginseng ini, dicatat sebagai negara dengan angka bunuh diri nomor satu di dunia. Menurut Menteri Kesehatan Korea Selatan, setiap harinya terdapat sekitar 35 orang Korea yang tewas bunuh diri, baik dari kalangan artis maupun kalangan biasa.

Fakta ini, dikuatkan artis Park Jin Hee . Dalam tesisnya, ia mengungkapkan lebih dari 40% artis Korea mengalami depresi dan ingin mengakhiri hidupnya. Dengan pola bunuh diri seperti ini, maka orangtua pun panik saat mengetahui anak mereka mengidolakan Suju.
Rasa panik makin bertambah, karena fenomena berikutnya. Di mana, warga Korea dan para artisnya, terbiasa melakukan operasi plastik. Sebuah lembaga pekerja berbasis online di Seoul, dalam surveinya mendapatkan data bahwa 90 persen responden pria dan wanita Korea, menginginkan operasi plastik sebagai pendukung penampilan mereka.
tak menggoyahkan para fans Suju untuk memuja idola
Dalam survei ini pula, diketemukan data bahwa sejak usia 18 tahun hingga 35 tahun, operasi plastik menjadi keinginan utama mereka. Responden menjawab, anggota tubuh yang ingin diubah adalah mata, dagu, pipi, dan hidung.
Yang lebih mencengangkan, para remaja Korea tak menginginkan kendaraan pribadi atau gadget canggih. Mereka butuh cantik dan tampan, karena itu mereka mengumpulkan uang untuk operasi plastik. >>>
Pengakuan Kyuhyun, salah seorang personel Suju, makin meneguhkan premis  budaya permak tubuh. Pasalnya, Kyuhyun mengaku melakukan operasi plastik di bagian matanya. Hasilnya, mata Kyuhyun tak lagi sipit, dan itu semua karena operasi estetik.
Tapi percayalah, meski sejuta data diumbar di sini, tetap tak menggoyahkan para fans Suju untuk memuja sang idola.
Buktinya, puluhan ribu tiket konser Suju di Jakarta, akhir April ini, sudah ludes terjual. Dan, bisa jadi, kalau konser mereka digratiskan, maka seluruh remaja di Jakarta ( juga wilayah lain) akan tumpah ruah menonton.
Untuk menampung jumlah penonton se-‘raksasa’ itu, mungkin hanya areal Festival Woodstock yang mampu melakukannya.   Saat itu di tahun 1969, jutaan penikmat musik dari berbagai penjuru dunia, berkumpul untuk menonton aksi idola mereka di tanah peternakan seluas 240 hektar di Sullivan County, Bethel , New York, Amerika Serikat.
Kala itu, penonton mabuk ganja juga minuman keras,  tapi  tetap tenang menikmati musik. Akhir bulan ini,  kawasan Ancol di Jakarta , rasanya  bakal menjadi ‘Woodstock Mini’ . Bedanya, penonton tak mabuk ganja atau minuman keras, tapi mereka mabuk Suju. (cumicumi@Kunto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Buat yang Klik Suka di Bawah Ini !!!