Kamis, 19 Juli 2012

Risiko Memakai Kondom Kedaluwarsa

Kondom. Benda yang satu ini memang berguna untuk mencegah penyakit menular seksual dan juga menunda kehamilan. Namun sayangnya, masih banyak yang tidak peduli dan bahkan nggak tahu kalau kondom juga punya umur pakai alias tanggal kedaluwarsa. Sebelum menggunakan kondom, baiknya mengecek dulu tanggal kedaluwarsanya.

Sebab menggunakan kondom yang sudah kedaluwarsa tak hanya mengurangi efektivitasnya, tetapi juga menimbulkan masalah kesehatan lain. Memang kondom berbahan dasar latek bisa disimpan selama enam tahun jika disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Tapi kalau menyimpan kondom di dompet atau tempat yang panas dan lembab, efektivitasnya bisa berkurang.

Selain mengecek tanggal kedaluwarsa atau expired date yang tertera pada kemasan kondom, kondisi fisik kondom juga bisa terlihat kalau dia sudah lewat batas tanggal pemakaian.
Kondom lateks biasanya mulai kering dan rapuh. Semakin lama kondom akan kehilangan fleksibilitas dan kekuatan kondom memburuk.

Tentu saja kondisi tersebut berbahaya bagi kita. Dilansir laman onlymyhealth, berikut ini risiko jika menggunakan kondom kedaluwarsa:
1. Kehamilan yang tidak diinginkan
Ini adalah faktor risiko yang paling jelas terkait dengan penggunaan kondom kedaluwarsa. Karena kondisi kondom yang telah rapuh dan mungkin muncul sedikit lubang pada material kecil kondom yang menyebabkan bocornya sperma ke dalam vagina.

2. Penyakit Menular Seksual (PMS)
Selain mencegah kehamilan, tujuan lain penggunaan kondom adalah menghindarkan penularan PMS. Ketika kondom yang digunakan tidak lagi mampu mencegah pencampuran antar cairan tubuh, virus dan partikel infeksi, kita tak lagi terlindung dari penularan PMS.

Salah satu bahaya kondom kedaluwarsa yang telah kehilangan daya tahan dan fleksibilitas, adalah dapat memasukkan virus penyebab PMS ke dalam vagina selama hubungan seksual dan menyebabkan transfer PMS dari satu orang ke orang lain.

3. Iritasi
Kondom kering dan rapuh dapat membuat kulit penis dan vagina iritasi sehingga menimbulkan ruam kecil. Pastikan kamu menghindari risiko tersebut dengan selalu memeriksa tanggal berlaku kondom sebelum dipakai. (cumicumi@Jak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Buat yang Klik Suka di Bawah Ini !!!