Kamis, 19 Juli 2012

Jaga Sistem Kekebalan Tubuh!

Pernahkan kamu bertemu seseorang yang mudah sekali terserang penyakit? entah itu pilek, batuk, dan masih banyak lagi. Itu bukan berarti dia penyakitan, tapi memang daya tahan tubuhnya rendah atau mengalami dengan kata lain sistem kekebalan tubuhnya bermasalah.

Nah, jika tubuh kita sedang mengalami gangguan, maka ada tanda-tanda tertentu yang terlihat. Dilansir laman prevention, Rabu (18/07), berikut tanda kalau tubuh kita mengalami gangguan sistem kekebalan.

1. Ngidam yang manis-manis
Menurut sebuah studi yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition, orang yang makan 100 gram gula sehari atau setara dengan yang terkandung dalam tiga kaleng soda itu menghambat kemampuan sel darah putih untuk membunuh bakteri hingga lima jam sesudahnya.
Oleh karena itu, jika kita mengidam makanan yang manis, pertimbangkan kembali.

2. Minum air sedikit
Seseorang butuh banyak air untuk mengeluarkan racun di tubuhnya. Seberapa banyak cairan yang harus diminum sehari-hari berbeda antar satu orang ke orang lain. Ketika air seni kita berwarna kuning pucat, mungkin kamu perlu minum lebih banyak air. Racun yang menumpuk dalam tubuh dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan membut kita jadi mudah sakit.
3. Kelebihan berat badan
Kelebihan berat badan tidak sehat untuk jantung, otak, organ lainnya serta sistem kekebalan tubuh kita. Berat badan yang berlebih juga dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan peradangan yang mengganggu kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

4. Hidung kering
Bagian dalam hidung yang berlendir mungkin kedengarannya kotor, tapi lendir dapat menjadi perangkap bagi virus dan membersihkannya dari tubuh kita. Jika hidung kamu terlalu kering, kuman lebih mudah masuk ke dalam tubuh.
Jika kekeringan tersebut bersifat sementara, usap hidung dengan air atau air yang telah diberi sedikit garam. Jika kekeringan bersifat kronis, periksakan kondisi tersebut ke dokter untuk menentukan penyebabnya.

5. Mudah stres
Menurut sebuah laporan oleh American Psychological Association, stres jangka panjang dapat melemahkan respon sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, jangan mudah stres dan tertekan. Sebab stres bisa membuat sistem kekebalan tubuh menurun.

6. Sering kena pilek
Orang dewasa rata-rata mengalami sekali sampai tiga kali pilek setiap musim yang biasanya berlangsung tiga atau empat hari. Jika kamu mengalami pilek yang lebih sering dan lebih lama, mungkin daya tahan tubuh kamu rendah. Cara mengatasi kondisi ini adalah dengan tidur cukup, olahraga teratur, dan makan makanan sehat. (cumicumi@Jak)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Buat yang Klik Suka di Bawah Ini !!!