Minggu, 22 Juli 2012

Kecanduan Makanan? I Atasi dengan Cara Ini

detail berita
Kecanduan makanan adalah hal buruk (Foto: Boldsky)


ADA beberapa di antara kita yang tidak bisa lepas dari makanan favoritnya walau hanya satu hari saja. Sebut saja mi instan, mungkin di antara Anda adalah salah satu orang yang tidak bisa kalau tidak mengonsumsi mi instan walau hanya sehari. Itu berbahaya dan harus segera diatasi.

Makan memang penting, tapi makan berlebihan tidaklah menyehatkan. Ketika Anda kecanduan beberapa makanan, Anda cenderung makan lebih banyak dari yang dibutuhkan dan ini akhirnya memengaruhi tubuh Anda.

Kecanduan makanan dapat dengan berbagai masakan. Hal ini dapat terhadap beras, gandum, serpih jagung, roti, keju, dan lainnya. Singkatnya, kecanduan makanan merupakan gangguan di mana asupan makanan berlebih sangat tinggi.

Kebiasaan kompulsif makan terlalu banyak bukanlah sesuatu yang biasa. Kecanduan terhadap makan ini mirip dengan kecanduan narkoba atau alkohol. Jadi, penting untuk menyembuhkan kecanduan makanan sebelum Anda terkena dampak secara fisik maupun emosional.

Tapi, apa yang menyebabkan kecanduan makanan? Yuk, simak ulasan berikut sebagaimana dilansir Boldsky.

Tidak ada penyebab spesifik di belakang kecanduan ini. Ini dapat terjadi melalui gen (melewati generasi) atau karena mengonsumsi beberapa makanan berlebihan untuk menikmati rasa lezat.

Dalam banyak kasus, penyebab di balik kecanduan makanan dapat terjadi karena kelalaian kecil. Ketika anak makan berlebihan, orangtua tidak menganggap itu berbahaya dan kebiasaan ini berubah menjadi gangguan dalam tahun-tahun kemudian.

Seperti apa pengobatannya?

Sadari kesalahan ini

Ya, pertama Anda harus menerima bahwa Anda menderita kecanduan makanan. Perlakuan terhadap gangguan ini hanya dapat dimulai setelah Anda mengakui dan memutuskan untuk menyembuhkannya. Dengan menerima, Anda memotivasi diri sendiri untuk keluar dari gangguan tersebut dengan mudah.

Atur perencanaan

Ketika Anda telah menerima bahwa Anda seorang pecandu makanan, Anda harus menemukan cara untuk bisa mengatasi kecanduan tersebut dengan merencanakan menu makan sehat.

Daftarkan beberapa makanan bergizi yang dapat membantu Anda tetap fit. Pastikan jumlah makanan dalam menu Anda harus dua hingga tiga kali lebih sedikit dari porsi sebelumnya.

Jika Anda tetap makan dalam jumlah yang sama, Anda tidak bisa melupakan gangguan ini. Konsultasikan dengan ahli gizi untuk membantu memutuskan jumlah makanan yang Anda harus memiliki per menu makanan.

Implementasikan dengan baik

Setelah menerima kenyataan dan merumuskan perencanaan, Anda harus tetap pada apa pun yang Anda putuskan. Untuk mengobati kecanduan makanan, makan dengan porsi lebih sedikit, kendalikan ketagihan, latih hal ini secara teratur dan pastikan Anda hanya mengonsumsinya dalam porsi kecil maksimal 3 kali dalam sehari.

Jika Anda tetap memiliki hasrat yang menggebu, kelabui dengan mengonsumsi makanan berserat yang menyehatkan seperti kacang panggang atau rebus. Kacang dikenal kaya akan serat dan membuat kenyang.

Cobalah cara untuk menyembuhkan kecanduan makanan. Jika Anda memiliki riwayat keluarga, Anda dapat mencegah gangguan ini dengan mengontrol pada konsumsi makanan. Makan berlebihan adalah kebiasaan buruk dan tidak sehat bagi tubuh Anda(OKEZONE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Buat yang Klik Suka di Bawah Ini !!!